MONIKA NURJANAH (2018) EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN STRATEGI JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTER AL-HIDAYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018799PBA.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018799PBA.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018799PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018799PBA.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018799PBA.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018799PBA.pdf Download (705kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018799PBA.pdf Download (980kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018799PBA.pdf Download (738kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018799PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018799PBA.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018799PBA.pdf Download (627kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan strategi Jigsaw efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Pondok Pasantren Islamic Center Al-Hidayah Kampar?”. Subjek penelitian adalah guru madrasah aliyah Pondok Pasantren Islamic Center Al-Hidayah Kampar, sedangkan objeknya adalah penerapan strategi Jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Pondok Pasantren Al-Hidayah Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pasantren Al-Hidayah Kampar Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampelnya adalah siswa kelas 11 A dan 11 B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan strategi Jigsaw dengan yang tidak menerapkan strategi jigsaw. Karena nilai To = 1,38 lebih kecil dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 423 dan taraf signifikansi 5% = 1,684. ini berarti bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa, penerapan strategi Jigsaw tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Pondok Pasantren Islamic Center Al-hidayah Kampar. Kata Kunci : Efektivitas, Strategi Jigsaw, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 31 May 2019 02:35 |
Last Modified: | 31 May 2019 02:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13581 |
Actions (login required)
View Item |