MUHAMMAD IRHAM (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DAKWAH DALAM MANAJEMEN PEMASARAN DI BANK BNI SYARIAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (636kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
||
|
Text
11. BAB VI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan perbankan Syariah sebagai lembaga ekonomi Syariah dalam mengimplementasikan nilai-nilai dakwah dalam setiap aktivitas ekonominya terutama aktivitas manajemen pemasaran belum diimplementasikan secara maksimal. Implementasi nilai-nilai dakwah adalah penerapan nilai-nilai ajaran Islam yang terkandung dalam al-Qur’an dan al-hadits. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Nila-nilai Dakwah dalam Manajemen Pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Nila-nilai Dakwah dalam Manajemen Pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru tersebut. Subjek penelitian ini adalah Kepala bagian Pemasaran Bank BNI Syariah Pekanbaru dan beberapa orang karyawannya serta ditambah beberapa orang Nasabah. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Implementasi Nilai-Nilai Dakwah dalam Manajemen Pemasaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis secara deskriptif kulaitatif. Penelitian ini menemukan bahwa Implementasi Nila-nilai Dakwah dalam Manajemen Pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru telah mengacu kepada nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam aktivitas manajemen pemasaran Syariah pada umumnya yang mengambil konsep keteladanan dari sifat Rasulullah SAW, yang terdiri dari nilai Shiddiq, Fathanah, Amanah, Tabligh dan Istiqamah. Kelima nilai tersebut telah diimplementasikan dalam setiap aktivitas manajemen pemasaran di Bank BNI Syariah Pekanbaru ini baik dalam proses pemilihan produk, penentuan harga, distribusi maupun proses promosi. Implementasi nilai Shiddiq tertuju pada aspek kebenaran, kejujuran dan kehalalan dari setiap transaksi atau aktivitas manajemen pemasaran yang dilaksanakan. Implementasi niai Fathanah tertuju kepada aspek kecerdasan dan kreatifitas dalam menjalankan setiap aktivitas manajemen pemasaran. Selanjutnya Implementasi nilai Amanah lebih menekankan kepada aspek tanggung jawab, keteladanan, menjaga kepercayaan dan aspek keadilan dalam melaksanakan aktivitas manajemen pemasaran. Implementasi nilai Tabligh teruju pada aspek penyampaian ajaranajaran Islam terutama yang berhubungan dengan ekonomi Islam dan tertuju pada aktivitas mengajak masyarakat untuk bertransaksi secara Syariah. Sedangkan Implementasi nilai Istiqamah lebih menekankan kepada aspek sikap komitmen dan konsisten serta berpegang teguh kepada prinsip-prinsip Syariah yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadits dan aturan-aturan yang telah ditetapkan Bank BNI Syariah Pusat. Kata Kunci : Impementasi Nilai-nilai Dakwah, Manajemen Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 08:41 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19173 |
Actions (login required)
View Item |