PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY MAWAR BAKERY DI KECAMATAN TAMPAN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

Gustini, - (2019) PENGARUH VARIASI PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA HOME INDUSTRY MAWAR BAKERY DI KECAMATAN TAMPAN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di home industry Mawar Bakery. Latar belakang penelitian ini variasi produk untuk meningkatkan volume penjualannya. Seharusnya variasi produk mempengaruhi volume penjualan yang meningkat tiap tahun. Akan tetapi, justru mengalami fluktuatif. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi produk terhadap volume penjualan dan tinjauan Ekonomi Syariah tentang pengaruhnya pada home industry Mawar bakery. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan laporan penjualan Mawar Bakery, sampel dalam penelitian ini data time series penjualan Mawar Bakery tahun 2016-2018 selama 36 bulan, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis data dengan metode kuantitatif yaitu pengujian hipotesis penelitian dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, pengolahan data menggunakan aplikasi software Eviews 10. Dari hasil penelitian berdasarkan hasil uji regresi linear berganda Y = 0,388.482 + 1, 222290 + 4,393962 + 0,099696 - 0,035193 yang berarti bahwa variasi produk memiliki pengaruh yang positif terhadap volume penjualan. Berdasarkan uji t variasi produk roti sisir besar memiliki thitung sebesar 5,306708 dengan nilai probabilitas sebesar 0.0000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, variasi roti sisir besar ini memiliki pengaruh lebih besar. Produk roti sisir kecil memiliki thitung sebesar 2,877766 dan nilai probabilitas sebesar 0,0072 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Produk roti bakpia memiliki thitung sebesar 0,991632 dan nilai probabilitas sebesar 0,0291 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Produk roti fit-o memiliki thitung sebesar 0,035193 dan nilai probabilitas sebesar 0.7619 lebih besar dari 0,05 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Variasi produk roti fit-o ini yang membuat volume penjualannya fluktuatif. Pengujian uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 17,88289 dengan probabilitas sebesar 0.000000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel independent secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Koefisien determinasi nilai R-squared sebesar 0.697654 menunjukan kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 69,76%, sedangkan sisanya sebesar 30,24% perubahan nilai variabel dependen Y (volume penjualan) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah variasi produk telah sesuai dengan Ekonomi Syariah karena dilihat dari baik bahan-bahan produksi dalam mengembangkan suatu produk. Demikian juga dengan volume penjualan yaitu penjualan nya sudah sesuai dengan Ekonomi Syariah menerapkan kejujuran dalam melakukan jual beli. Kata Kunci : Variasi Produk dan Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Variasi Produk dan Volume Penjualan
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:43
Last Modified: 28 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item