Kaharudin (2017) Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada Guru Madrasah Tsanawiyah Se- Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017184PAI-S2COVER OKE.pdf Download (267kB) |
|
Text
2. 2017184PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
3. 2017184PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (455kB) |
|
Text
4. 2017184PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (277kB) |
|
Text
5. 2017184PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) |
|
Text
6. 2017184PAI-S2BAB I.pdf Download (280kB) |
|
Text
7. 2017184PAI-S2BAB II.pdf Download (517kB) |
|
Text
8. 2017184PAI-S2BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. 2017184PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
10. 2017184PAI-S2BAB V OKE.pdf Download (266kB) |
|
Text
11. 2017184PAI-S2DAFTAR PUSTAKA OKE.pdf Download (261kB) |
Abstract
Pada dasarnya rendahnya kemampuan guru dalam mengajar terjadi karena beberapa faktor, diantaranya adalah mengajar bukan dibidang keahlian atau bukan di jurusannya, akses internet yang masih minim, kurangnya pengetahuan tentang teknologi informasi, jarak sekolah dengan kediaman guru yang lumayan jauh. Beberapa faktor ini sangat mempengaruhi kinerja guru. Mengajar bukan dibidangnya menyebabkan kurang maksimal dalam pengajaran. Susahnya akses internet serta minimnya pengetahuan tentang teknologi informasi juga menyebabkan susah berkembangnya pengetahuan guru, termasuk susah untuk mengupdate beberapa materi pelajaran yang akan diajarkan. Penelitian ini dilaksanakan sejak pertengahan bulan Maret sampai bulan April 2017 bertempat di MTs yang ada di Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah yang ada di Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Sedangkan objek penelitian adalah Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada Guru Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Untuk menganalisis penelitian tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada Guru Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Lubuk Batu Jaya maka digunakan strategi kepala madrasah yaitu melakukan program supervisi melalui aspek perencanaan supervisi terhadap guru, aspek pelaksanaan supervisi terhadap guru, serta aspek evaluasi tindak lanjut supervisi akademik. Berdasaarkan analisis penelitian yang dilakukan, maka kegiatan supervisi kepala madrasah terhadap guru dalam pelaksanaannya dari aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi telah berhasil mewujudkan dan melaksanakan pelaksanaan supervisi sesuai dengan pembahasan dan relevan dengan teori-teori yang ada. Selain itu, peran dari supervisi yang dilakukan kepala madrasah ini merubah dan mengembangkan kemampuan dan kinerja guru dalam mengajar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang sesuai dengan indikator sebagaimana telah ditentukan sebagai pengukuran pelaksanaan supervisi terhadap guru.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 04:40 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25993 |
Actions (login required)
View Item |