Erny Tambing (2018) Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Pembentukan karakter Siswa SD Islam Hang Nadim Malay School Batam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201891_HALAMAN JUDUL.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201891_LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201891TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201891TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201891TMPI_ABSTRAK ERNY TAMBING.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201891TMPI_BAB I.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201891TMPI_BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201891TMPI_BAB III.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
9. 201891TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
|
Text
10. 201891TMPI_BAB V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201891TMPI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (330kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan pondasi dasar pendidikan anak untuk mempersiapkan dirinya menjadi individu yang lebih unggul demi mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan karakter ditanamkan oleh pendidik melalui nilai-nilai keteladanan serta kemampuan kompetensi yang baik yang seharusnya dimiliki oleh pendidik. Nilai-nilai keteladanan diajarkan melalui pendidikan islami yang tidak hanya pada teori semata namun diaplikasikan dalam pembiasaan melalui keteladanan yang dilakukan oleh para pengajar. Kompetensi guru juga berperan sangat penting dalam pembentukan karakter siswa SD Islam Hang Nadim Malay School. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kompetensi guru SD Islam Hang Nadim Malay School, (2) Mengetahui karakter siswa SD Islam Hang Nadim Malay School, (3) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap pembentukan karakter siswa SD Islam Hang Nadim Malay School. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik penyebaran angket, wawancara dan studi dokumentasi. Pengambilan sampel dan dipilih kelas VI yang berjumlah 66 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Uji validasi data menggunakan SPSS versi 20. Hasil dari analisa data tersebut setelah dikorelasikan ternyata dapat diketahui bahwa diperoleh r sebesar 0,133 pada taraf signifikan 5% dengan sampel sebanyak 66 responden siswa dan 66 responden guru. Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan korelasi yang lemah dan signifikan (t hitung = 1,074 < t tabel = 1,669) dengan koefisien determinasi = r x 100 % = 22,5 % sedangkan sisanya 77,5 % ditentukan oleh faktor lain. 2 Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan beberapa hal antara lain memiliki acuan kurikulum dan program untuk meningkatkan karakter siswa, guru hendaknya berusaha menjadi teladan dan menciptakan interaksi yang positif dan menciptakan lingkungan beajar yang nyaman dan kondusif agar siswa memiliki sikap positif khususnya dalam pengembangan karakter. Orang tua juga memiliki peranan yang sangat penting dalam penanaman karakter anak di rumah sehingga pembinaan karakter siswa dapat sejalan antara pihak sekolah dan rang tua di rumah. Kata kunci: Kompetensi Guru, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 08:18 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 08:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17285 |
Actions (login required)
View Item |