MASLIHATI FEBRIANI HASIBUAN (2018) PENGARUH ONLINE SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018323KOM.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018323KOM.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018323KOM.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018323KOM.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018323KOM.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018323KOM.pdf Download (637kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018323KOM.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018323KOM.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018323KOM.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018323KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (1MB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018323KOM.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018323KOM.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena sebanyak 140 siswa menggunakan media sosial instagram dibanding media sosial lainnya, dan 140 siswa itu juga sering berbelanja online shop pada media sosial instagram sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh online shop terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh online shop terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and gratifications. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru 140 orang. Teknik penarik sampel dalam penelitian ini adalah dengan cara mengambil sebanyak 55% dari jumlah populasi yang ada dan pengambilannya menggunakan purposive sampling, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 77 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungan menggunakan metode standar (SPSS) versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung (8,902) > t (1,992) dengan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 masih berada dibawah 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara online shop terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Sementara berdasarkan analisis regresi linear sederhana, diketahui nilai regresi bernilai positif sebesar 0,590 dengan kata lain online shop memiliki pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif siswa. Sedangkan besaran pengaruhnya berdasarkan uji koefisien determinasi adalah sebesar 0,514, artinya online shop memiliki pengaruh sebesar 0,514 atau 51,4% terhadap perilaku konsumtif siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru dan sisanya sebesar 48,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. tabel Kata kunci : Pengaruh, Online Shop, Perilaku Konsumtif, Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 07:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 07:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16263 |
Actions (login required)
View Item |