SALAMAH (2018) PENGARUH PACKAGING BOLU GULUNG VANY PEKANBARU TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018435EI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018435EI.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018435EI.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018435EI.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018435EI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018435EI.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018435EI.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018435EI.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018435EI.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018435EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018435EI.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018435EI.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul, ”Pengaruh Packaging Bolu Gulung Vany Pekanbaru terhadap Minat Beli Konsumen Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya arti penting kemasan untuk mempengaruhi minat beli konsumen, karena konsumen cenderung melirik produk berdasarkan kemasan yang dilihatnya. Rumah Usaha Bolu Gulung Vany Pekanbaru sudah memperhatikan kemasannya dengan strategi-strategi tertentu, namun usahanya mengalami penurunan setiap bulannya. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh packaging terhadap minat beli konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi Rumah Usaha Bolu Gulung Vany Pekanbaru. Karena jumlah populasi tidak diketahui, maka pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Wibisono sehingga dihasilkan sampel sebanyak 50 orang dengan konsep incidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan metode regresi linear sederhana dan data diolah dengan program SPSS versi 23.00. Hasil penelitian ini adalah bahwa packaging tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini dibuktikan dengan uji t, t hitung (1,851) < t tabel ( < 2,01) dan nilai signifikasi sebesar 0,07 (diatas 0,05) yang berarti Ho diterima. Diketahui nilai R (0,258), yang artinya korelasi antara variabel packaging dengan minat beli konsumen sebesar 0,258, maka hubungan antara variabel packaging (X) terhadap variabel minat beli konsumen (Y) adalah lemah. Uji determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa 4,7% dari packaging mempengaruhi minat beli konsumen, sedangkan sisanya sebesar 95,3% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain yang tidak penulis teliti di dalam penelitian ini. Packaging pada bolu gulung Vany masih belum memenuhi ketentuan syariah, karena tidak adanya label halal pada kemasan, hal ini dikarenakan usaha bolu gulung Vany belum mengajukan sertifikasi halal kepada LPPOM MUI. Sehingga tidak adanya pemeriksaan lebih pada sisi kehalalan bahan baku dan proses produksinya yang menyebabkan konsumen tidak mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum dalam mengkonsumsi produk halal. Selain itu, informasi yang disajikan pada packaging bolu gulung Vany juga belum lengkap, serta bahan/material yang digunakan untuk packaging bolu gulung Vany menggunakan plastik jenis total plastic sehingga mudah rusak dan tidak dapat melindungi produk dengan baik. Dan hal-hal tersebut diatas tidak sesuai dengan prinsip sistem ekonomi syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 02:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15537 |
Actions (login required)
View Item |