Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTS

RESI ROSI YANA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018985PMT.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018985PMT.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018985PMT.pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018985PMT.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018985PMT.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018985PMT.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018985PMT.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018985PMT.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018985PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018985PMT.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018985PMT.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal matematika pada siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttset Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 2 Kuantan Singingi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat perbedaan kemampuan representasi berdasarkan kemampuan awal dan interaksi. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1)Terdapat pengaruh kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2)Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak Terdapat interaksi antara faktor model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan faktor kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis. Secara umum, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis yang ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMP/MTs. Kata kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 06:36
Last Modified: 21 Jun 2019 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item