ANNISA AFRIANTI (2018) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018879PK.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018879PK.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018879PK.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018879PK.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018879PK.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018879PK.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018879PK.pdf Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018879PK.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018879PK.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018879PK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018879PK.pdf Download (415kB) | Preview |
Abstract
Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan materi yang kompleks, sehingga perlunya pemahaman konsep yang benar agar tidak terjadinya miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 2 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu Instrumen Diagnostik Three Tier. Analisis miskonsepsi yaitu menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapatnya miskonsepsi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada subkonsep kelarutan dan hasil kali kelarutan 1,68 %, hubungan hasil kali kelarutan (Ksp) dengan tingkat kelarutan 13,87%, pengaruh ion senama 8,82%, pengaruh pH terhadap kelarutan 13,03%, dan memperkirakan terjadinya pengendapan 6,51%; (2) Faktor penyebab masih terdapatnya miskonsepsi siswa, yaitu pemikiran siswa itu sendiri dan pembentukan konsep yang tidak utuh pada diri siswa, pembelajaran yang terlalu fokus, dan perbedaan daya tangkap siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan juga rawan terjadinya miskonsepsi. Kata Kunci: Analisis, Miskonsepsi, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia > 541 Kimia Fisik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 08:33 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 08:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13900 |
Actions (login required)
View Item |