DEWI MULYANI (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018740PMT.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018740PMT.pdf Download (614kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018740PMT.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018740PMT.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018740PMT.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018740PMT.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018740PMT.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018740PMT.pdf Download (785kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018740PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018740PMT.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018740PMT.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis serta pengetahuan awal siswa kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru. Alasan tersebut diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru serta hasil analisis penyebaran tes pemahaman konsep dan pengetahuan awal matematis siswa yang ternyata masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan Pendekatan Kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika antara siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan awal untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan posttest untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan diterapkan pendekatan kontekstual dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat interaksi pendekatan kontekstual berdasarkan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa namun tidak berpengaruh terhadap pengetahuan awal matematika siswa. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:12 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13436 |
Actions (login required)
View Item |