NINDA WAHYUNI (2018) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN STRESS COPING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018677KI.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018677KI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018677KI.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018677KI.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018677KI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018677KI.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018677KI.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018677KI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018677KI.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018677KI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018677KI.pdf Download (524kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan stress coping siswa di SMP Negeri 4 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini deskriftif kualitatif, Subjek penelitian ini adalah Guru Bimbingan dan Konseling yang ada di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 3 orang dan informan pendukung adalah kepala sekolah, guru wali kelas dan 3 orang siswa.Untuk mengumpulkan data digunakan wawancara, dan dokumentasi. Data hasil wawancara dan dokumentasi dianalisa secara naratif atau menjelaskan dengan kalimat-kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan stress coping siswa di SMP N 4 Pekanbaru menunjukkan bahwa guru bimbingan konseling melaksanakan layanan bimbingan konseling terhadap siswa, seperti layanan konseling individual, bimbingan dan konseling kelompok terhadap siswa khususnya meningkatkan stress coping siswa dalam menghadapi Ujian Nasional, melaksanakan konseling kelompok, kunjungan rumah dan melaksanakan teknik-teknik yang relevan terhadap permasalahan yang dialami siswa, serta memberikan semangat, motivasi kepada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan stress coping siswa di SMP N 4 Pekanbaru diantaranya : Faktor Internal: Keterbatasan guru bimbingan konseling, karena masih ada guru bimbingan konseling yang tidak menempuh pendidikan bimbingan konseling melainkan lulusan dari pendidikan agama islam. Faktor eksternal: 1) Belum mendukungnya fasilitas atau perlengkapan yang disediakan oleh sekolah untuk kegiatan layanan-layanan bimbingan konseling. 2) Keterbatasan dana yang dimiliki guru bimbingan konseling dalam kegiatan layanan-layanan bimbingan konseling. Kata Kunci: Guru BK dan Stress Coping
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 May 2019 05:32 |
Last Modified: | 23 May 2019 05:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13333 |
Actions (login required)
View Item |