PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING FOR MEANING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Minarti, (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING FOR MEANING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGKALAN KURAS KECAMATAN PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan antara kelas eksprimen yang menerapkan strategi pembelajaran reading for meaning dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional terhadap aktivitas belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttest-only design with nonequivalent group. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan objek penelitian adalah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran reading for meaning terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa dengan jumlah sampel yang diambil adalah kelas X IPS dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak dua kelas dari empat kelas dengan masing masing kelas berjumlah 44 orang kelas eksperimen dan 45 orang kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analsis data terdiri dari uji normalitas data, uji homogenitas data, dan dilanjutkan dengan uj t. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksprimen yang menerapkan strategi pembelajaran reading for meaning dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional pada kelas X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Hasil ini diperoleh dari uji t yang menunjukkan thitung > ttabel pada taraf signifikan 1% maupun 5% (2,000 < 8,876 >2,660). Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa strategi pembelajaran reading for meaning dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di X IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pangkalan Kuras Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:59
Last Modified: 05 Feb 2016 08:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item