Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 BANGKINANG

RANO FIRDAUS, 11111100838 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 03 BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap keaktifan belajar siswa pada Pelajaran Agama Islam di SMPN 03 Bangkinang, khususnya di kelas VII. Penelitian ini beranjak dari gejala yang penulis temukan di lokasi penelitian, dimana proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kebanyakan menggunakan metode konvensional seperti ceramah, sehingga berdampak kepada rendahnya kreativitas dan keaktifan siswa belajar di kelas. Untuk itu, peneliti ingin melihat seberapa jauh pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and learning ini terhadap keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 03 Bangkinang yang berjumlah 120 orang dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIA yang berjumlah 31 orang (sebagai kelas Eksperimen) dan siswa kelas VII B yang berjumlah 29 orang (sebagai kelas Kontrol). Sedangkan pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa keaktifan belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari tingginya keaktifan belajar siswa yang berada di kelas eksperimen dibandingkan di kelas kontrol . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMPN 03 Bangkinang. Kata Kunci :Contextual Teaching and Learning, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 06:04
Last Modified: 02 Sep 2019 06:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item