PUTRA DWIKI LENGGANI (2018) PENGARUH HARGA DAN VARIAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPEDA MOTOR MERK SUZUKI DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018617EI.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018617EI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018617EI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018617EI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018617EI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018617EI.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018617EI.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018617EI.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018617EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018617EI.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018617EI.pdf Download (343kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk akan mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Konsumen dalam melakukan pembelian juga banyak memilih bentuk (variasi) produk. Harga dan Variasi produk merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan seringkali digunakan oleh konsumen sebagai dasar pertimbangan tertarik atau tidak terhadap suatu produk PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu, namun dari data tahun 2017 terjadi fluktuasi terhadap jumlah konsumen setiap bulannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh varian produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga dan variasi produk secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam dalam harga dan varian produk terhadap keputusan pembelian pada PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu. Adapun populasi dari penelitian ini adalah sejumlah 835 orang konsumen dan yang dijadikan sampel adalah sejumlah 89 orang dengan metode pengambilan sampel secara accidental sampling yaitu teknik memilih sampel dari orang atau unit yang paling mudah dijumpai. Teknik pengumpulan data melalui studi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penulis menganalisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu melakukan uji statistik. Untuk menganalis data, peneliti menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. . Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa harga dan varian produk secara bersama-sama pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian uji secara parsial, dari pengujian ini di ketahui bahwa variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian di PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu. Variabel varian produk juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu. Pengaruh yang diberikan harga dan varian produk terhadap keputusan pembelian di Pt. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu sebesar 50,2%. Menurut tinjauan ekonomi Islam, harga dan varian produk yang diberikan oleh PT. Suzuki Duta Expo Labuhanbatu sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dan tidak bertentangan. Dalam Islam dalam meletakan harga harus sesuai dengan harga pasar dan tidak menjatuhkan pesaing. Sementara variasi yang diberikan sesuai dengan daya tahan yang seharusnya, harga dan variasi yang diberikan tidak ada unsur penipuaan. Dan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen hanyalah sebagai spemenuhan kebutuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 03:31 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 03:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18762 |
Actions (login required)
View Item |