Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AL-FAQIH KOTA PEKANBARU

Raisa Fadhila Zakkia, - (2019) METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA ANAK DISABILITAS DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AL-FAQIH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
8. ABSTRAK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III ok.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB IV.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
16. BAB V.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi umat manusia yang berlaku hingga akhir hayat. Sebagai umat muslim membaca Al-Qur’an, memelihara, dan mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu kewajiban. Salah satu cara seseorang memelihara Al-Qur’an adalah dengan menghafalkannya pada setiap generasi.Tak terkecuali bagi anak disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik, mental atau sensorik dalam berinteraksi. Dalam menghafal Al-Qur’an tentunya tidak mudah, usaha yang dapat dilakukan untuk menghafal Al-Qur’an salah satunya yaitu dengan menghafal yang dimulai dari surat pendek terlebih dahulu yang terdapat pada Al-Qur’an juz 30.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan serta factor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an pada anak disabilitas di SLB Al-Faqih Pekanbaru. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung dilokasi penelitian. Penelitian ini mengambil latar di SLB Al-Faqih pekanbaru. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data dan kemudian menganalisis data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Objek penelitian adalah metode yang digunakan serta factor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam proses menghafal Al-Qur’an, sedangkan subjeknya ialah siswa disabilitas.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses menghafal Al-Qur’an pada anak disabilitas di SLB Al-Faqih menggunakan metode Quantum Reading Qur’an (QRQ). Dan yang menjadi factor pendukung antara lain ialah motivasi dari orangtua, lingkungan yang mendukung, rasa yakin dan percaya diri siswa, fasilitas yang memadai ,nutrisi tubuh siswa serta kondisi emosi. Sedangkan factor penghambat antara lain ialah kurangnya kosa kata siswa dalam berbahasa arab,dan lemahnya daya ingat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 08 Aug 2019 08:42
Last Modified: 08 Aug 2019 08:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item