M. ARIFIN (2018) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM IKLAN FAIR AND LOVELY VERSI “NIKAH ATAU S2”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018135KOM.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018135KOM.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018135KOM.pdf Download (460kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018135KOM.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018135KOM.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018135KOM.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018135KOM.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018135KOM.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018135KOM.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018135KOM.pdf Restricted to Repository staff only until 2018. Download (974kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018135KOM.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018135KOM.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Iklan Fair and lovely versi “Nikah atau S2” merupakan Iklan produk kecantikan yang mengangkat tema tentang Pernikahan dan Pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana makna pesan yang terkandung dalam pengambilan keputusan pada Iklan Fair and Lovely versi “Nikah atau S2”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode analisis Dokumentasi dan Observasi. Melalui penelitian ini, peneliti berupaya melihat makna pesan yang terkandung dibalik iklan Fair and Lovely versi “Nikah atau S2”. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengambilan keputusan dalam iklan Fair and Lovely versi “Nikah atau S2” meliputi pesan Linguistik berdasarkan dialog atau narasi dalam iklan terletak pada scene keempat. pesan Ikonik tak terkodekan yaitu menyampaikan keputusan yang ia pilih kepada ayah dan ibu untuk melanjutkan pendidikan, dan pesan Ikonik terkodekan pesan yang disampaikan dari narasi dan visual pada adegan 4(scane 4). Makna pengambilan keputusan yang terkandung pada iklan Fair and Lovely versi “Nikah atau S2” antara lain adalah makna dari segi pendidikan yakni seorang wanita harus terpelajar atau orang yang memiliki Ilmu akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang disekitarnya, makna dari segi gestur melalui ekspresi wajah dengan gerak tubuh memperlihatkan sikap yang terkejut ketika orang tua menawarkan anaknya untuk menikah dengan orang yang berpendidikan bagus dan makna dari segi dialog kata yang diucapkan dengan intonasi rendah dengan pengucapan lembut dalam mengambil keputusan. Iklan ini hadir untuk memberi pesan dalam mengambil keputusan kepada perempuan Indonesia bahwa pendidikan bagi wanita itu penting agar memiliki kesetaraan dengan kaum pria. Kata Kunci: Analisis Semiotika , Fair and Lovely, Nikah atau S2
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ms. Eva Susilawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 02:40 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15444 |
Actions (login required)
View Item |