Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN PENGELOLAAN TENAGA KERJA ALIH DAYA (OUTSOURCING) DI PT. PANCA SARANA SEJAHTERA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus: Kerja sama PT. Panca Sarana Sejahtera Dengan PT. Riau Media Grafika/Tribun Pekanbaru)

MHD. PANDAPOTAN SIREGAR (2018) MANAJEMEN PENGELOLAAN TENAGA KERJA ALIH DAYA (OUTSOURCING) DI PT. PANCA SARANA SEJAHTERA PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM ( Studi Kasus: Kerja sama PT. Panca Sarana Sejahtera Dengan PT. Riau Media Grafika/Tribun Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh manajemen pengelolaan tenaga kerja alih daya (outsourcing) yang belum maksimal. Dibuktikan oleh adanya complain dari pihak perusahaan pengguna (Tribun Pekanbaru) mengenai kinerja karyawan outsourcing, hal ini disebabkan oleh pengawasan (controlling) tenaga kerja dilakukan secara tidak maksimal. PT. Panca Sarana Sejahtera Pekanbaru hanya melakukan kontroling 1 (satu) kali dalam seminggu berdurasi maksimal satu jam untuk melihat dan menampung keluhan user dan tenaga kerja, hal itulah yang diakui sebagai acuan pengawasan terhadap tenaga kerja sehingga terjadi permasalahan pekerjaan pada perusahaan pengguna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pengelolaan tenaga kerja alih daya (outsourcing) di PT. Panca Sarana Sejahtera Pekanbaru, apa faktor pendukung dan penghambat manajemen pengelolaan tenaga kerja alih daya (outsourcing) dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen pengelolaan tenaga kerja alih daya (outsourcing) di PT. Panca Sarana Sejahtera Pekanbaru. Penelitian ini berlokasi di Jalan Rajawali Sakti, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Panca Sarana Sejahtera yang berjumlah 12 orang terdiri dari 4 (empat) orang karyawan internal dan 8 orang tenaga kerja outsourcing. Karena jumlah populasi yang sedikit, maka penulis bermaksud untuk menjadikan seluruh populasi menjadi sampel (total sampling). Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan temuan yang peneliti peroleh bahwa manajemen pengelolaan tenaga kerja alih daya (outsourcing) di PT. Panca Sarana Sejahtera Pekanbaru sudah baik tetapi belum maksimal, hal ini dilihat berdasarkan perolehan hasil persentase sebesar 66,94%, karena dari kriteria penilaian kategori baik berada pada rentan antara (61%-80%) dan tentunya belum sesuai dengan ekonomi Islam, pengelolaan tersebut belum sepenuhnya menerapkan aturan-aturan Islam yang tertuang dalam rukun dan syarat serta asas-asas perjanjian dalam Islam (Ijarotul ‘Ajir) yaitu salah satu di antaranya dikelola secara tidak efektif dan efesien yaitu terletak pada pengawasan (controlling) yang dilakukan dengan tidak maksimal. Kata Kunci: Manajemen, Pengelolaan, Tenaga Kerja, dan Outsourcing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:07
Last Modified: 04 Jul 2019 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item