Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PERSAINGAN USAHA PAKET DATA INTERNET DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI KELURAHAN SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

ISTIKA SARI (2018) STRATEGI PERSAINGAN USAHA PAKET DATA INTERNET DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN DI KELURAHAN SIMPANG TIGA KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai persaingan usaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga dalam mempertahankan pelanggan, bahwa semakin banyaknya pengusaha paket data internet yang berada di Kelurahan Simpang Tiga Pekanbaru membuat para pemilik usaha paket data internet untuk menyiapkan strategi yang lebih handal untuk menghadapi persaingan-persaingan yang ada disekeliling mereka tersebut. Para pengusaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga harus menerapkan strategi yang tepat agar keunggulan yang diraih tidak hilang begitu saja direbut oleh pendatang baru. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana strategi persaingan usaha paket data internet dalam mempertahankan pelanggan dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi persaingan usaha paket data internet dalam mempertahankan pelanggan di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi persaingan usaha paket data internet dalam mempertahankan pelanggan di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi persaingan usaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu usaha paket data internet yang berada di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Populasi dari penelitian ini sebanyak 80 usaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Dan sampel yang diambil sebanyak 80 usaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi yang dilakukan oleh pengusaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru dengan menggunakan strategi harga dengan memberikan harga termurah dan sesuai dengan yang berlaku di pasaran tanpa ada rekayasa harga. Strategi produk dengan berusaha memenuhi kebutuhan produk yang diperlukan oleh pelanggan. Strategi tempat dengan memiih lokasi dan tempat pendistribusian yang baik, strategi pelayanan dengan memberikan pelayanan terbaik demi tercapainya kepuasan pelanggan, dan strategi pelayanan purna jual dengan memberikan bonus atau garansi kepada pelanggan. Strategi yang digunakan oleh usaha paket data internet di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru pada umumnya telah sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam dan tidak menyalahi kaidah-kaidah syariah Islam. Meskipun terkadang masih ada beberapa usaha paket data internet yang masih melakukan hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam. Namun itu sudah jarang sekali terjadi. Kata Kunci: Persaingan Harga, Produk, Tempat, Pelayanan dan Pelayanan Purna Jual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 297.273 ??
Divisions: ?? sch_man ??
Depositing User: Users 14799 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:28
Last Modified: 02 Jul 2019 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14603

Actions (login required)

View Item View Item