Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

ANNISA AFRIANTI (2018) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018879PK.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018879PK.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018879PK.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018879PK.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018879PK.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018879PK.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018879PK.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018879PK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018879PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018879PK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018879PK.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan materi yang kompleks, sehingga perlunya pemahaman konsep yang benar agar tidak terjadinya miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi siswa kelas XI SMAN 2 Pekanbaru pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu Instrumen Diagnostik Three Tier. Analisis miskonsepsi yaitu menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapatnya miskonsepsi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada subkonsep kelarutan dan hasil kali kelarutan 1,68 %, hubungan hasil kali kelarutan (Ksp) dengan tingkat kelarutan 13,87%, pengaruh ion senama 8,82%, pengaruh pH terhadap kelarutan 13,03%, dan memperkirakan terjadinya pengendapan 6,51%; (2) Faktor penyebab masih terdapatnya miskonsepsi siswa, yaitu pemikiran siswa itu sendiri dan pembentukan konsep yang tidak utuh pada diri siswa, pembelajaran yang terlalu fokus, dan perbedaan daya tangkap siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi kelarutan dan hasil kali kelarutan juga rawan terjadinya miskonsepsi. Kata Kunci: Analisis, Miskonsepsi, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 540 Kimia > 541 Kimia Fisik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 14 Jun 2019 08:33
Last Modified: 14 Jun 2019 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item