JUMAIDAR (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017802PMT.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017802PMT.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017802PMT.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017802PMT.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017802PMT.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017802PMT.pdf Download (817kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017802PMT.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017802PMT.pdf Download (727kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017802PMT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017802PMT.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017802PMT.pdf Download (564kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang muncul yaitu belum tersedianya bahan ajar berupa modul yang dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis pendekatan metakognitif yang valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang mengacu pada penelitian model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Perhentian Raja. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelompok kecil dari kelas XI IPA 3, 32 siswa kelompok terbatas dari kelas XI IPA 2 dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan metakognitif. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas modul yang dikembangkan tergolong kategori sangat valid (86%), dan sangat praktis berdasarkan penilaian dari siswa kelompok kecil (89,79%) dan penilaian dari siswa kelompok terbatas (88,44%), sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan modul berbasis pendekatan metakognitif termasuk kategori tinggi (82,6%). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul berbasis pendekatan metakognitif yang dikembangkan telah valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Metakognitif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 01:47 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 01:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18292 |
Actions (login required)
View Item |