NURFADHILAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018482PMT.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018482PMT.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018482PMT.pdf Download (734kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018482PMT.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018482PMT.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018482PMT.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018482PMT.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018482PMT.pdf Download (924kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018482PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018482PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018482PMT.pdf Download (473kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Kindi Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru melalui penerapan metode OK5R. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review and Reflect) dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode OK5R dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa sebelum dilakukan tindakan, rata-rata hasil belajar siswa secara individu hanya 69,66 atau tergolong “Kurang” dengan ketuntasan klasikal 46,66%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa secara individu meningkat menjadi 72,16 atau tergolong “Baik” dengan ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa secara individu meningkat lagi menjadi 76,33 atau tergolong “Baik” dengan ketuntasan klasikal 76,66%. Artinya, indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu di atas 75% telah tercapai. Kata Kunci: Metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review and Reflect), Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 08:11 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 08:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12924 |
Actions (login required)
View Item |