Maulana Firdaus (2015) KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAHN EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANAM DITINJAU MENURUT PEMASARAN SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
fm.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB iii.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
em.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Adapunmasalah yang diteliti di latarbelakangioleh.Persainganperbankansyariah yang menuntutadanyakeunggulandalamberbagaibidangsalahsatu yang perlu di perhatikanpadabidangkomunikasipemasaran.Bank SyariahMandiriKantor CabangPembantuPanamdituntutuntukdapatsemaksimalmungkindalammengkomunikasi kanproduknyauntukmempengaruhinasabah agar melakukanpembelianpadaproduk- produknya.Salah satuproduk yang di tawarkanoleh Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamadalahprodukrahnemas (gadaiemas).DenganbiayapemasaransebesarRp 3.000.000/tahun, upayakomunikasipemasaran yang dilakukan Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdalammemasarkanprodukrahnemassepertimelaluibrosur, spanduk, mini eksbanner, dan lain-lain.Hal inidapatdilihatdariperkembanganjumlahnasabah yang menggunakanprodukinidaritahun 2011 sampaitahun 2013.Dari hasilperbandinganjumlahnasabahpenggunaprodukrahnemastersebutdapatdijadikansebag aiukuranresponpositifmasyarakatterhadapkehadiranprodukrahnemas. Penelitianinimengambillokasi di PT. Bank MandiriSyariahCabangPembantuPanam yang beralamatkan di jalan HR. Subrantas KM. 9,5. PekanbaruPenelitianiniditujukanuntukmengetahuiupayamembangunkomunikasipemasar anprodukrahnemas, hambatan-hambatandalamkomunikasipemasaranprodukrahnemas, sertauntukmengetahuikesesuaiankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdenganpemasaransyariah.Populasidalampenelitianiniterdiridari duakelompok (kelompokkaryawanbagianpemasarandankelompoknasabah).Adapunsampeldarikelomp okkaryawanyaitu 2 orang manajerpemasaranbagianpembiayaan, 1 orang asistenpemasaran, 1 orang officer gadai, 1 orang penaksirgadai. Sedangkansampeldarinasabahditetapkansebanyak 10%dari 750 nasabah.Hal inimerujukkepadapendapat Gay dalam Muhammad.2008 yang mengatakanmetodedeskriptif minimal 10% daripopulasi.Dengandemikianjumlahsampeldarinasabahsebanyak 75 orang.Teknikpengumpulan data dengancaraobservasi, wawancara, angketdandokumentasi. Analisis data dilakukandenganpendekatananalisisdeskriptifkualitatif.Dalamhalini, meliputimendeskripsikankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanam. Hasilpenelitian, menunjukkanbahwamembangunkomunikasipemasaranprodukrahnemasmenggunakanpe riklanandengan media brosur, mini eksbanner, spanduk.Sedangkanpenjualanperorangandilakukanolehcustomer servicedaneksekutive officer.Untukpromosipenjualandilakukandenganmemberikandiskon, dan souvenir kepadanasabahbarudannasabah priority-nya.Hubunganmasyarakat(public relation), dilakukandenganmengadakankegiatanamal, pameran,sertaseminar yang bekerjasamadengankantorperpajakan, danpolsektampan. Dari semuasaranakomunikasi yang ada, yang paling seringdilakukanolehBank SyariahMandiri Kantor CabangPembantumelaluiperiklanan, penjualanperorangan, danmelakukanpromosipenjualan. Hambatan-hambatan yang terjadipadasaatmelakukankomunikasipemasaranprodukrahnemasiniadalahhambatanpad atransmisipesan, hambatandalam proses decoding, danhambatanpadapenerimapesan. Komunikasipemasaranprodukrahnemas yang diterapkanjugatelahsesuaidenganpemasaransyariah. Kata kunci: KomunikasiPemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 16:43 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 16:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6601 |
Actions (login required)
View Item |