Fhitri Mesi (2014) PENGARUH TATA RUANG KELAS TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTO KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (5kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel,yaitu Tata Ruang Kelas (variabel bebas/independen atau variable X) dan Efektivitas Belajar (variabel dependent/terikat atau variabel Y).Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara tata ruang kelas terhadap efektivitas belajar kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah pengaruh tata ruang kelas terhadap efektivitas Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu yang berjumlah 86 orang, karena jumlah populasi tidak terlalu banyak maka penulis tidak mengambil sampel, maka penelitian ini dinamakan penelitian populasi. Pengumpulan data diambil melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan korelasi product moment, serta penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS (Statistical Package For the Scial Sciens) versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan tata ruang kelas terhadap efektivitas belajar kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, dengan kontribusi tata ruang kelas terhadap efektivitas belajar adalah 0,2944 x 100% = 29.4% dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Di mana ro (observasi) = 0,542, lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,217 <0,542> 0,283, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 31 Jul 2016 17:54 |
Last Modified: | 31 Jul 2016 17:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/6058 |
Actions (login required)
View Item |