Melinda Yeni (2014) PENERAPAN STRATEGI CYCLE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan strategi Cycle Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar dapat ditingkatkan dengan penerapan Strategi Cycle Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Cycle Learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penerapan strategi Cycle Learning (Variabel X) dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (Variabel Y). Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik observasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan strategi Cycle Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Motivasi belajar siswa pada sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata persentase 50,7%, setelah dilakukan tindakan perbaikan ternyata motivasi belajar siswa meningkat pada siklus pertama mencapai 64,6% atau motivasi belajar siswa masih tergolong “Cukup Baik” karena 64,6% berada pada rentang 49-71%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80,6% atau motivasi belajar siswa tergolong “Baik” karena 80,6% berada pada rentang 72-91%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu 75%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 13:34 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 13:34 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5933 |
Actions (login required)
View Item |