Milawati (2014) PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA MATERI TOKOH-TOKOH YANG BERPERAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN KELAS V SDN 016 BALUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Materi Tokoh-tokoh yang Berperan Mempertahankan Kemerdekaan siswa Kelas V SDN 016 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA), rumusan masalah ini dilatar belakangi oleh kurang menariknya strategi yang sajikan oleh guru, kurangnya nilai hasil ulangan dan menggunakan waktu yang kurang tepat. dirumuskan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi belajar aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA). Yang dilatar belakangi kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi pelajaran, nilai belum mencapai KKM yaitu 70. dapat meningkatkan Hasil belajar IPS pada materi tokoh-tokoh yang Berperan Mempertahankan Kemerdekaan siswa Kelas V SDN 016 Balung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Sebagai subjek penelitian ini adalah Guru dan Siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Mata pelajaran yang diteliti adalah Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Berhasilnya Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 15 orang Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa terbukti dari prosentasi keberhasilan sebelum penerapan strategi nilai rata-rata kelas 50% ketegori rendah, siklus I nilai rata-rata kelas 74% kategori baik, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 84% kategori baik. KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 11 May 2016 16:31 |
Last Modified: | 11 May 2016 16:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
View Item |