Tika (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE DAFTAR TERFOKUS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 007 SIBIRUANG KECAMATAN KAMPAR HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Daftar Terfokus dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah strategi pembelajaran aktif tipe daftar terfokus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe daftar terfokus sebagai variabel bebas (independent), dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebagai variabel terikat (dependent). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Hasil penelitian diperoleh sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 47,06% atau 16 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 22 orang atau ketuntasan mencapai 64,71%, dan pada siklus II ketuntasan siswa mencapai 31 orang siswa atau dengan persentase 91,18%. Aktivitas guru pada siklus I tergolong “Cukup Baik”, dengan persentase 60,71%, dan siklus II meningkat menjadi 87,50% tergolong “Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I adalah 73,11% atau tergolong “Cukup Baik”, dan siklus II persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 86,13% atau tergolong “Baik”. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe daftar terfokus dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Sibiruang Kecamatan Kampar Hulu Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 May 2016 09:43 |
Last Modified: | 03 May 2016 09:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4159 |
Actions (login required)
View Item |