Tetti Herawati Lubis (2017) Pentingnya Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Dumai. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017265PAI-S2COVER.pdf Download (276kB) |
|
Text
2. 2017265PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. 2017265PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
Text
4. 2017265PAIKATA PENGANTAR.pdf Download (268kB) |
|
Text
5. 2017265PAI-S2DAFTAR 1SI.pdf Download (269kB) |
|
Text
6. 2017265PAI-S2BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
7. 2017265PAI-S2BAB II.pdf Download (470kB) |
|
Text
8. 2017265PAI-S2BAB III.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. 2017265PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
|
Text
10. 2017265PAI-S2BAB V.pdf Download (262kB) |
|
Text
11. 2017265PADAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
Abstract
Pendidikan pada hakikatnya merupakan unsur vital dalam kehidupan dan merupakan kebutuhan serta tuntutan yang amat penting untuk menjamin perkembangan, kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Perkembangan dan kelangsungan suatu bangsa dan negara lebih bergantung pada kualitas sumber daya manusianya bukan sumber daya alamnya. Kualitas yang dikehendaki lebih tergantung pula dari keberhasilan penyelenggaraan sistem pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pentingnya Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Dumai” Rumusan Masalah yang diajukan adalah: 1)Bagaimanakah penerapan Pendekatan Scientific dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai? 2)Apa sajakah faktor yang menunjang penerapan Pendekatan Scientific dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai? 3)Apa sajakah faktor yang menghambat penerapan Pendekatan Scientific dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran. Hasil penelitian yang dapat penulis identifikasi adalah; Pertama, Penerapan pendekatan scientific pada kurikulum 2013 dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Dumai secara umum berada dalam kategori baik, Hal ini terlihat dari Rencana dan program yang dilaksanakan oleh para guru PAI di Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Dumai telah dokumentasikan dengan jelas oleh pihak administrasi dan telah dibagikan kepada para guru sehingga umumnya mereka mengerti visi, misi, sasaran dan tujuan yang menjadi target pendekatan scientific tersebut di Madasah Ibtidaiyah se-Kota Dumai telah membuat : (a ) program kurikulum 2013, (b) menyiapkan sumber daya manusia, (c ) menyiapkan sarana prasarana, (d ). proses, (e ) sumber dana, (f ) hubungan antar warga sekolah, (g ) hubungan orang tua, (h ) kerjasama antar sekolah, (i ) kesempatan dan fasilitas untuk mengembangkan diri, (j ) lingkungan sosial siswa. Kedua, Penerapan guru terhadap pendekatan scientifik di MI se-Kota Dumai secara umum berada dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari profesionalitas proses pembelajaran yang sedang.Dengan demikian secara umum profesionalitas guruguru PAI di Madrasah Ibtidaiyah se-Kota Dumai masih perlu untuk terus ditingkatkan agar mencapai tingkat profesionalitas yang efektif.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 05:01 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 05:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28550 |
Actions (login required)
View Item |