RAUDATUL HUSNA, 11315205765 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (770kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (447kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Candung Kabupaten Agam. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-4 dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan saintifik. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis pendekatan saintifik dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 85%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis pendekatan saintifik dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 83,4%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa modul yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan Komunikasi Matematis, modul berbasis pendekatan saintifik sudah memfasilitasi kemampuan Komunikasi Matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 85,7% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 08:35 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 08:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21530 |
Actions (login required)
View Item |