Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

MAISENI AKBAR, 11311101853 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi?. Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 60 orang, dikarenakan kelas VII hanya terdiri dari 2 lokal maka peneliti tidak memakai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Tes “t”. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis tes „t‟ dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan perolehan angka indeks thitung 2,54 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.00. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi . Artinya dengan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) maka akan semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 01 Oct 2019 08:00
Last Modified: 01 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20986

Actions (login required)

View Item View Item