MAISENI AKBAR, 11311101853 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi?. Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 60 orang, dikarenakan kelas VII hanya terdiri dari 2 lokal maka peneliti tidak memakai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Tes “t”. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis tes „t‟ dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan perolehan angka indeks thitung 2,54 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.00. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi . Artinya dengan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) maka akan semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 08:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 08:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20986 |
Actions (login required)
View Item |