Rahmad Hidayat Gunova, - (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA AKTIVIS BEM FAKULTAS DI UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
0. COVER.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
3. Pengesahan Penguji.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
10. ABSTRAK.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
Keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi memiliki dampak positif dan dampak negatif, salah satu dampak negatif aktif dalam berorganisasi adalah penurunan prestasi akademik. Prestasi akademik mahasiswa tersebut dinyatakan dalam bentuk IPK, yang mana IPK tersebut mencerminkan sejauhmana mahasiswa tersebut memeahami materi perkuliahannya. Untuk mendapatkan IPK yang baik tentunya ada beberapa faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis BEM Fakultas di UIN Suska Riau, sehingga peneliti mengajukan hipotesis ”Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik pada mahasiswa aktivis BEM Fakultas di UIN Suska Riau”. Subjek dalam penelitian ini adalah aktivis BEM Fakultas di UIN Suska Riau yang berjumlah 171 subjek. Sampel di ambil dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Kecerdasan Emosional dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,962. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi rank spearman. Hasil analisis menunjukkan nilai antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik (r) sebesar 0,226 dengan (p)= 0,001 dimana (p< 0,01). Hal ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi akademik. Artinya hipotesis dalam penelitian ini diterima, semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi prestasi akademik pada mahasiswa aktivis, sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula prestasi akademik pada mahasiswa aktivis. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Akademik, Aktivis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Prestasi Akademik, Aktivis |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 04:41 |
Last Modified: | 27 Sep 2019 04:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20844 |
Actions (login required)
View Item |