Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU

AULIA MAULINA HERDANDI, 11315201900 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan konstruktivistik yang valid dan praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 untuk kelompok kecil dan siswa kelas VIII-4 untuk kelompok terbatas. Objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis pendekatan konstruktivistik. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas untuk mengetahui tingkat kevalidan produk, angket uji praktikalitas untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk serta data hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa berbasis pendekatan konstruktivistik. Hasil penelitian berasal dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid pada uji coba perseorangan atau uji validitas dengan persentase keidealan adalah 86,78%. Hal ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi syarat didaktik, syarat konstruksi, syarat teknis dan pendekatan konstruktivistik. Respon siswa terhadap penggunaan lembar kerja siswa yang dikembangkan sangat praktis dengan persentase 89,65% pada uji kelompok kecil dan 90,55% pada uji kelompok terbatas. Sedangkan persentase kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa yang dikembangkan adalah 89,86% termasuk pada kategori tinggi. Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa lembar kerja siswa berbasis pendekatan konstruktivistik ini layak dan sangat praktis digunakan serta mampu memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Konstruktivistik, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:57
Last Modified: 13 Sep 2019 03:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20156

Actions (login required)

View Item View Item