NUR AMIRA, 11311201848 (2017) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (464kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebagian siswa yang tidak memperhatikan saat guru menyampaikan pelajaran dan masih ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Aktivitas belajar (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y) tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang dibatasi dengan dua rombel yaitu VIII4 dan VIII5 dengan jumlah 60 orang siswa, pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik korelasi product moment dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendididikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru dengan perolehan angka indeks sebesar 0,591 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% (0,254) maupun pada taraf signifikan 1% (0, 330). Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Hal ini mengandung arti bahwa semakin tinggi aktivitas belajar maka semakin baik hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru, sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar maka semakin tidak baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 12 Sep 2019 07:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2019 07:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20075 |
Actions (login required)
View Item |