SHINTA ARI RUKMANA (2017) PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NURUL FALAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017975PAI.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017975PAI.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017975PAI.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017975PAI.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017975PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017975PAI.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017975PAI.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017975PAI.pdf Download (577kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017975PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017975PAI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017975PAI.pdf Download (532kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu bimbingan orangtua sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa bimbingan orangtua yang baik mendasari keberhasilan belajar anak. Akan tetapi, bimbingan orangtua di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru sudah tergolong baik, namun prestasi belajar siswa masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa kelas X sampai kelas XI Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah bimbingan orangtua dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru yang berjumlah 133 siswa. Untuk sampel dalam penelitian ini siswa kelas X dan XI yang berjumlah 66 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru dengan perolehan indeks korelasi 0,395 pada taraf signifikan 5% = 0,250 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,325. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,250<0,395>0,325. Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Besar pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Nurul Falah Pekanbaru hanya 15,6% sedangkan 84,4% di pengaruhi oleh variabel lain
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 05:21 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 05:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19366 |
Actions (login required)
View Item |