DALILATI GASSANI (2018) STRATEGI PEMASARAN BARANG BEKAS PERALATAN RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN PEDAGANG DI KOTA TEMBILAHAN DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018702EI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018702EI.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018702EI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018702EI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018702EI.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018702EI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018702EI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018702EI.pdf Download (462kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018702EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018702EI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018702EI.pdf Download (274kB) | Preview |
Abstract
Penulisan ini dilatar belakangi oleh strategi pemasaran yang dilakukan para pedagang barang bekas peralatan rumah tangga, dimana untuk memasarkan barang tersebut pedagang menggunakan media sosial seperti Facebook, whatsapp, instagram dan dari mulut ke mulut. Kebanyakan pembeli lebih tertarik langsung datang ketempat melihat barang ketimbang melalui media sosial. Adapun masalah yang ada dalam penelitian ini secara umum yaitu masyarakat tembilahan lebih banyak memilih berbelanja dan membeli barang bekas daripada barang baru karena mereka menganggap bahwa kualitas barang bekas lebih bagus karena kebanyakan barang bekas tersebut adalah barang impor dari luar negeri dan harganya lebih bisa dijangkau oleh masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran barang bekas peralatan rumah tangga di kota Tembilahan, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pemasaran barang bekas peralatan rumah tangga, serta untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pemasaran barang bekas peralatan rumah tangga di kota Tembilahan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah para pedagang barang bekas peralatan rumah tangga di kota Tembilahan sebanyak 18 pedagang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tekhnik Total Sampling yaitu 18 responden. Sedangkan tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pemasaran penjual barang bekas peralatan rumah tangga di kota Tembilahan belum membaik sehingga penjual harus melakukan strategi agar pembeli tertarik untuk membeli barang bekas. Disamping itu terdapat pula faktor pendukung dalam strategi pemasaran yaitu usaha barang bekas peralatan rumah tangga merupakan usaha yang menjajikan sehingga banyak penjual bergantung hidup dari usaha ini. Sedangkan faktor penghambat yaitu susahnya barang masuk ke penjual, sehingga barang yang dicari pembeli susah didapatkan tetapi itu tidak menjadi masalah bagi penjual. Menurut tinjauan ekonomi Syariah terhadap strategi pemasaran barang bekas peralatan rumah tangga di kota Tembilahan, dilihat dari indikator Produk, Harga, dan Promosi sudah sesuai dnegan prinsip syariat Islam namun jika dilihat dari indikator Tempat masih kurang sesuai dengan Syariat Islam karena tempatnya kurang strategis dan tidak tersedianya lahan parkir untuk kendaraan bermotor
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:38 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19332 |
Actions (login required)
View Item |