SITI HAJAR (2017) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017946KI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017946KI.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017946KI.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017946KI.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017946KI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017946KI.pdf Download (572kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017946KI.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017946KI.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017946KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017946KI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017946KI.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMAN 1 Tambang.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Tambang. sedangkan objeknya adalah pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskripsi persentase dan teknik analisis data regresi linier sederhana, yang memaparkan angket dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data pada bab IV diatas, maka dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMAN 1 Tambang, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa :ro (Observasi/Rsquart)) bila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf signifikan 5% ( 0.571> 0.250) ini berarti Ho ditolak, Ha diterima.ro (Observasi/Rsquart) dibandingkan dengan rt (tabel) taraf signifikan 1% (0.571> 0,325) ini berarti Ho ditolak, Ha diterima.besarnya konstribusi lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang adalah 57.1% hal ini dapat dibuktikan dengan Koefisien Determinasi ( R squer) adalah 57.1% atau 0.571% x100% = 57.1% selebihnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.Besarnya konstribusi sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah atas Negeri 1 Tambang. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan sekolah di SMAN 1 Tambang adalah : 1) Ruang belajar yang harus bersih, tidak ada bau-bauan yang mengganggu konsentrasi pikiran. 2) Ruang cukup terang, tidak gelap yang dapat mengganggu mata. 3) Cukup sarana yang diperlukan untuk belajar, misalnya alat pelajaran, buku-buku, dan sebagainya. Sedangkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah : 1) intern (dari dalam diri siswa yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang). 2) ekstern (dari luar diri siswa tersebut). Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:04 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19305 |
Actions (login required)
View Item |