RESVI YOLANDASARI, 11218204066 (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KANTONG ILMU PENGETAHUAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi pembelajaran Kantong Ilmu Pengetahuan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas dan terikat. Adapun variabel bebasnya adalah penerapan strategi Kantong Ilmu Pengetahuan, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Objeknya adalah penerapan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran kantong ilmu pengetahuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah pada mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Kantong Ilmu Pengetahuan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Hal ini terlihat pada peningkatan aktivitas guru dan siswa dari pra tindakan sampai dengan siklus I dan II. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 63% dengan kategori “sedang” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 69% dengan kategori „sedang”, dan siklus II pada pertemuan 1 sebesar 88% dengan kategori “baik” meningkat pada pertemuan 2 menjadi 94% dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 46% dengan kategori sedang, kemudian pada pertemuan kedua sebesar 53% dengan kategori sedang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 69% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 dengan persentase sebesar 85% dengan kategori “baik”. Aktivitas proses belajar siswa pratindakan didapatkan persentase sebesar 53%, siklus I pertemuan 1 sebesar 67% dengan kategori sedang, kemudian pada pertemuan kedua sebesar 74% dengan kategori sedang dan siklus II pertemuan 1 sebesar 86% dengan kategori “baik”, meningkat pada pertemuan 2 siklus II dengan persentase sebesar 90% dengan kategori “baik sekali”. Kata kunci: Aktivitas belajar, strategi pembelajaran Kantong Ilmu Pengetahuan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18819 |
Actions (login required)
View Item |