Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BENGKALIS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

NANDRA BINARIA (2018) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) BENGKALIS MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018587EI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018587EI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018587EI.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018587EI.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018587EI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018587EI.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018587EI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018587EI.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018587EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (874kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018587EI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018587EI.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini ditulis berdasarkan latar belakang bahwa keberhasilan penyelenggaraan pelayanan ditentukan oleh tingkat kepuasan penerima pelayanan. Pelayanan merupakan tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau sesama karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Bengkalis, bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang kualitas pelayanan terhadap pasien rawat inap di RSUD Bengkalis. Penelitian ini dilakukan di RSUD Bengkalis yang beralamat di Jl. Kelapapati Tengah No. 90. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di RSUD Bengkalis yang berjumlah 1003 orang, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 91 pasien secara purposive sampling. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari sumber pertama atau tempat objek penelitian melalui pasien rawat inap, perawat dan pihak manajemen, dan data sekunder diperoleh dari berbagai referensi serta dokumendokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana menggunakan alat bantu SPSS 21 for Windows.. Berdasarkan hasil pengolahan data di dapat persamaan regresi yaitu Y= 7.499+ 268X. Selanjutnya dari hasil uji t variabel independen mempengaruhi variabel dependen dengan penjelasan sebagai berikut, Pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pasien (Y), hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial yaitu nilai t hitung sebesar 10,460 lebih besar dari t tabel 1,986 (91-2 = 89) pada label signifikannya 1% (10.460 > 1,986). Kemudian berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan persentase pengaruh variabel pelayanan, terhadap kepuasan pasien sebesar 0,551 (55,1%), dan sisanya 44,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Ditinjau menurut perspektif Ekonomi Islam, pelayanan yang diberikan oleh RSUD Bengkalis sesuai dengan prinsip Syari’ah atau tidak bertentangan dengan aspek-aspek syari’ah, baik dari segi Tangibles (bukti fisik), Empaty (perhatian), Realibility (kehandalan), Responsiveness (daya tanggup), dan Asurance (jaminan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:45
Last Modified: 30 Aug 2019 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item