MUHAMMAD AKBAR (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMIDI SEKOLAH MENENGAH ATAS BUDHI LUHUR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017760PIPS-E.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017760PIPS-E.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017760PIPS-E.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017760PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017760PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017760PIPS-E.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017760PIPS-E.pdf Download (708kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017760PIPS-E.pdf Download (606kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017760PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017760PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017760PIPS-E.pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap aktivitas siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Budhi Luhur Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Budhi Luhur Pekanbaru. Objek penelitiannya adalah pengaruh strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpointterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Budhi Pekanbaru yang berjumlah 53 orang yang terbagi dalam dua kelas. Penulis mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian dengan teknik total sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpoint terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomidi Sekolah Menengah Atas Negeri Budhi Luhur Pekanbaru. Hasil tersebut berdasarkan nilai r hitung sebesar 0,612 lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,266 maupun 1% sebesar 0,345 atau r hitung> r tabel (0,266< 0,612> 0,345 ). Adapun besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipepoint counterpointterhadapaktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomiadalah sebesar 37,4% sedangkan sisanya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 08:04 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 08:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18606 |
Actions (login required)
View Item |