Hafizatul Fikriah Amran, - (2019) PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PENJUALAN PADA UNIT USAHA “SKALA KONVEKSI” JL.TUANKU TAMBUSAI NO.11-15 PEKANBARU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan di dalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Sehingga, dibutuhkan suatu strategi diferensiasi produk dalam mencapai tujuan penjualan yang ditargetkan. Strategi diferensiasi dapat berupa produk, merek, kemasan, ukuran, pelayanan, jaminan atau garansi dan pengembalian. Maka, dirumuskan masalah apakah ada pengaruh strategi diferensiasi produk terhadap volume penjualan pada unit Skala Konveksi dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah tentang pengaruh strategi diferensiasi produk `terhadap volume penjualan pada unit usaha Skala Konveksi. Penelitian ini dilakukan pada Skala Konveksi yang terletak di Jl. Tuanku Tambusai No. 11-15 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini menggunakan data volume penjualan dari tahun 2016-2018 sebelum dan sesudah diterapkan strategi diferensiasi produk, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menganalisa data dengan menggunakan metode kuantitatif. hasil analisis data, diketahui bahwa data berdistribusi normal dan homogen sehingga dilanjutkan dengan uji t. Hasil uji t menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,683 dan ttabel sebesar 2,359562 sehingga Ho ditolah dan Ha diterima, dengan demikian diketahui bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan strategi diferensiasi produk pada Usaha Skala Konveksi. Adapun strategi diferensiasi produk yang diterapkan Usaha Skala Konveksi yaitu menghasilkan produk yang bervariasi, dari jenis pembuatan sablon dan bordir Usaha Skala Konveksi menggunakan sablon dan bordir komputer, menggunakan jenis bahan yang berkualitas dengan berbagai macam warna yang tersedia, kemasan yang digunakan menggunakan kemasan plastik klip, selain menggunakan ukuran yang tersedia Usaha Skala Konveksi juga dapat menjahit sesuai ukuran pelanggan, jika terdapat rusak atau cacat pada barang yang dipesan konsumen dapat meminta penukaran barang. Sedangkan dari tinjauan ekonomi Islam,Strategi diferensiasi produk yang diterapkan pada Usaha Skala Konveksi sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam dalam hal mengenai jual beli dalam Islam, kualitas produk dalam Islam, penetapan harga yang diterapkan, pelayanan yang diberikan Sehingga dapat disimpulkan, dengan menerapkan strategi diferensiasi produk mampu meningkatkan volume penjualan pada Usaha Skala Konveksi. Kata kunci : Strategi Diferensiasi Produk dan volume penjualan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Diferensiasi Produk dan volume penjualan |
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 06:30 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 06:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18542 |
Actions (login required)
View Item |