Ilham Saputra, - (2019) MINAT MASYARAKAT DALAM MEMBELI HELM MEREK GM DI KELURAHAN SIMPANG BARU JL. SOEBRANTAS PANAM PEKANBARU DITINJAU MENURUT PANDANGAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
||
|
Text
12. BAB V.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai minat masyarakat Kelurahan Simpang Baru dalam membeli helm merek GM. Riset secara langsung yang penulis lakukan di Toko M-Way Helm, Ririe Helm, dan Lancar Jaya Helm dan ditemukan gejala bahwa masyarakat lebih tertarik membeli helm merek GM di banding merek-merek lain, padahal helm merek lain yang juga dijajakan di toko-toko tersebut juga mempunyai kualitas baik dan standar SNI seperti, Helm KYT dan Helm LTD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat Masyarakat Kelurahan Simpang Baru dalam membeli Helm merek GM, apa saja faktor pendorong masyarakat Kelurahan Simpang Baru untuk membeli Helm merek GM, dan bagaimana minat masyarakat Kelurahan Simpang Baru menurut pandangan Ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan dari objek penelitian yang diteliti, Yaitu masyarakat di Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru yang membeli Helm merek GM. Dikarenakan populasi masyarakat Kelurahan Simpang Baru yang menggunakan helm merek GM tidak dapat diketahui, maka penulis mencari orang yang menggunakan helm merek GM di Kelurahan Simpang Baru secara kebetulan dan menyebarkan pertanyaan berupa angket tertutup dan penulis menemukan 35 orang yang membeli helm merek GM di Kelurahan Simpang Baru yang kemudian dijadikan sampel dengan menggunakan tehnik Accidental Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah Masyarakat yang membeli helm merek GM yang ada di Kelurahan Simpang Baru, sedangkan objek penelitian ini adalah minat masyarakat dalam membeli helm merek GM. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat dalam membeli helm merek GM di Kelurahan Simpang Baru Panam Pekanbaru dikategorikan baik berdasarkan rencana, kualitas, model dan informasi sebelum membeli helm merek GM. Faktor pendorong Minat Masyarakat Kelurahan Simpang Baru dalam membeli helm merek GM adalah faktor kualitas produknya, suka terhadap modelnya, pencarian informasi helm GM, dorongan diri sendiri, tren pengguna disekitar, merek, harga, lokasi dan promosi helm GM. Berdasarkan tinjauan pandangan Ekonomi Islam, bahwa minat masyarakat dalam membeli helm merek GM di Kelurahan Simpang Baru Panam Pekanbaru tidak bertentangan dengan syari’at Islam, karena tidak ada yang melanggar tentang ajaran syari’at Islam, baik dari segi kualitas, produk, harga, lokasi, dan promosi dalam membeli helm merek GM. Kata Kunci: Minat, Membeli, Helm GM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Membeli, Helm GM |
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 06:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 06:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18534 |
Actions (login required)
View Item |