Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR

YESTI ARISA (2017) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017823PMT.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017823PMT.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017823PMT.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017823PMT.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017823PMT.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017823PMT.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017823PMT.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017823PMT.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017823PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017823PMT.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017823PMT.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis penemuan terbimbing yang valid, praktis dan mampu memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salo Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VIII E dan objek penelitian ini adalah modul berbasis penemuan terbimbing dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Perolehan data melalui proses validasi oleh validator, angket praktikalitas untuk siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa modul berbasis penemuan terbimbing dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 87,9%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis penemuan terbimbing dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 83,4%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa modul yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, modul berbasis penemuan terbimbing sudah memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 83,7% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Penemuan terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:25
Last Modified: 27 Aug 2019 03:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item View Item