JUMIATI FITRI (2017) PENERAPAN STRATEGI GOOD BYE SCRABBLE UNTUK MENINGKATKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 036 GOBAH KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017815PGMI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017815PGMI.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017815PGMI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017815PGMI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017815PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017815PGMI.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017815PGMI.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017815PGMI.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017815PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017815PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017815PGMI.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Muammadiyah 036 Gobah melalui penerapan Strategi Good Bye Scrabble. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang dipengaruhi oleh kurangnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya memberikan respon ketika pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah036 Gobah. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Good Bye Scrabbledan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitudenganobservasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknikanalisis data yang digunakanyaituanalisisdeskriptif, data dikelompokkan,dandicari ratarata persentasenya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diketahui bahwa penerapan Strategi Good Bye Scrabblemenunjukkan motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai 37,9%, kemudian setelah diterapkan Strategi Good Bye Scrabble pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai67,7%. Pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 84,1% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapanStrategi Good Bye Scrabbledapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan alam kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 036 Gobah. Kata Kunci: StrategiPembelajaran,Good Bye Scrabble, Motivasi Belajar Siswa, IlmuPengetahuanAlam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 02:49 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 02:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18341 |
Actions (login required)
View Item |