Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

RISMAINI (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE STUDI KASUS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017811PGMI.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017811PGMI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017811PGMI.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017811PGMI.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017811PGMI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017811PGMI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017811PGMI.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017811PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017811PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017811PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017811PGMI.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu Belah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan social, diantaranya: 1) Dari 20 siswa hanya sebagian yang memperoleh nilai di atas KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas, 2) Siswa masih kesulitan dalam menjawab soal kuis yang diberikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa . Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Batu belah kecamatan kampar kabupaten kampar melalui studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus,tiap siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data: 1) Tes , 2) Observasi Dan, 3) Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya melalui statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa hasil belajar siswa melalui metode studi kasus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapatmeningkat, hal ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan sebesar 45% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I hasil belajar siswa dengan rata-rata 62,25% atau 12 orang siswa yang tuntas. Berdasarkan perbaikan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 78,50% dengan jumlah 17 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian metode studi kasus dapat digunakan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Studi Kasus, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:25
Last Modified: 27 Aug 2019 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item