RAPIKA RAHMI (2017) PENERAPAN STRATEGI KISI-KISI PENGELOMPOKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017681PGMI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017681PGMI.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017681PGMI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017681PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017681PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017681PGMI.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017681PGMI.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017681PGMI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017681PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017681PGMI.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017681PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Kisi-kisi Pengelompokan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 70. Hal ini terbukti dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu hanya 10 orang siswa yang tuntas dari 20 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Kisi-kisi Pengelompokan dan hasil belajar. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, yaitu dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengatur data, mengolah data, menyajikan data dan menganalisis data angka guna memberikan gambaran tentang suatu gejala, peristiwa atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa penerapan strategi kisi-kisi pengelompokan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 6,1 dengan ketuntasan klasikal 50%. Setelah menerapkan Kisi-kisi Pengelompokan pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69,50 dengan ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 74,5 dengan ketuntasan klasikal 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi kisi-kisi pengelompokan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kisi-kisi Pengelompokan, Pendidikan Kewarganegaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:04 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18148 |
Actions (login required)
View Item |