Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SOCRATIC SEMINARS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR

NUR ZAKIA (2017) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SOCRATIC SEMINARS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017634PGMI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017634PGMI.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ASBTRAK_2017634PGMI.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017634PGMI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017634PGMI.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017634PGMI.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017634PGMI.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017634PGMI.pdf

Download (537kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017634PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017634PGMI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017634PGMI.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar melalui teknik Socratic seminars. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam belajar, diantaranya, rendahnya perhatian siswa dalam belajar, siswa kurang menjawab dan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 012 Naumbai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Socratic Seminars dan peningkatan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data aktivitas guru dan siswa denganmenggunakan rumus . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa teknik pembelajaran Socratic Seminars dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 50,7%, setelah dilakukan tindakan padasiklus I mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Dengan demikian teknik itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Teknik Socratic Seminars, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:49
Last Modified: 21 Aug 2019 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17864

Actions (login required)

View Item View Item