NUR ZAKIA (2017) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN SOCRATIC SEMINARS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017634PGMI.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017634PGMI.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
3. ASBTRAK_2017634PGMI.pdf Download (912kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017634PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017634PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017634PGMI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017634PGMI.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017634PGMI.pdf Download (537kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017634PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017634PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017634PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar melalui teknik Socratic seminars. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya aktivitas siswa dalam belajar, diantaranya, rendahnya perhatian siswa dalam belajar, siswa kurang menjawab dan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 012 Naumbai. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran Socratic Seminars dan peningkatan aktivitas belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data aktivitas guru dan siswa denganmenggunakan rumus . Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa teknik pembelajaran Socratic Seminars dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan rata-rata persentase 50,7%, setelah dilakukan tindakan padasiklus I mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%. Dengan demikian teknik itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Teknik Socratic Seminars, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:49 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17864 |
Actions (login required)
View Item |