Karyawati (2018) Unsur-Unsur Pendidikan dalam Sabilal Muhtadin Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam Kurikulum KTSP di SMA. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018142TPAI_Cover.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018142TPAI_Pengesahan.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018142TPAI_Kata Pengantar.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018142TPAI_Daftar Isi.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018142_Abstrak.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018142TPAI_BAB I.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018142TPAI_BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018142TPAI_BAB III.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
9. 2018142TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
||
|
Text
10.2018142TPAI_BAB V.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018142TPAI_Daftar Pustaka.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini krisis kepribadian peserta didik dalam mengimplementasikan pendidikan. Penanaman pendidikan kepada peserta didik tidak terlepas dari peran unsur-unsur pendidikan seperti peserta didik, pendidik, interaksi edukatif, tujuan pendidikan, materi pendidikan, alat dan metode serta lingkunga pendidikan. Salah satu penanaman pendidikan kepada peserta didik di sekolah menengah atas melalui mata pelajaran Agama Islam. Pendidikan agama Islam sebagai mata pelajaran di Indonesia memiliki peranan penting dalam menyadarkan peserta didik tentang pendidikan Islam, karena muatan mata pelajaran yang mengandung moral dan etika agama. Penelitian ini memiliki rumusan masalah apa saja unsur-unsur pendidikan dalam Sabilal Muhtadin dan relevansi unsur-unsur pendidikan dalam Sabilal Muhtadin terhadap Kurikulum KTSP di SMA. Menjawab rumusan tersebut dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis library research untuk dapat mengetahui dan menelaah unsur-unsur pendidikan dalam Sabilal Muhtadin serta relevansinya terhadap pendidikan Agama Islam SMA. Setelah melakukan pengkajian terhadap Sabilal Muhtadin karya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari, bahwa unsur-unsur pendidikan merupakan materi pendidikan aqidah yang merupakan penjabaran rukun Islam yang dapat melatih manusia dalam kesehariannya dalam mencerminkan rukun Islam tersebut. Muhammad Arsyad Al-Banjari dalam kitab Sabilal Muhtadin menitik beratkan pada bidang ibadah shalat, ibadah zakat, ibadah puasa, dan ibadah haji. Relevansi unsur-unsur pendidikan dalam Kitab Sabilal Muhtadin dengan materi pendidikan Agama Islam tingkat SMA yaitu pada kelas X meliputi zakat dan haji. Materi tersebut bagi sekolah umum dinaungkan ke dalam mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini memiliki relvansi dengan pelajaran PAI bidang ibadah di SMA berupa terlibatnya tujuan pelajaran PAI yang memuat akan pengalaman-pengalaman ibadah yang diharapkan dari pelajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 02:58 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 02:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17812 |
Actions (login required)
View Item |