Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU

NURBAITI MARATUS SOLIHAH (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KARAKTER SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017558KI.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017558KI.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017558KI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_2017558KI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017558KI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017558KI.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017558KI.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017558KI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017558KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017558KI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017558KI.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap karakter sosial siswa. Penelitian menggunakan pendekatan korelasi untuk menguji pengaruh antara variable y dan variable x. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 26 Pekanbaru dan objeknya adalah pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap karakter sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 189 orang, karena jumlah populasi terlalu banyak maka diambil sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dan diperoleh sampel penelitian sebesar 61 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII1 dan kelas VIII3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data tersebut dianalisis secara korelasi, yaitu menggunakan uji statistic Tes “t” untuk sampel besar (N≥30). Dalam upaya menganalisis data penulis menggunakan bantuan program SPSS For Windows versi 16.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa karakter sosial siswa SMPN 26 Pekanbaru sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok tergolong “baik” hal ini dapat dilihat pada hasil pengolahan angket dengan persentase sebesar 68,04% dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok meningkat hampir mendekati kategori sangat baik dengan nilai prosentase sebesar 72,90%. Dari hasil pengolahan data menggunakan uji statistic Tes “t” untuk sampel besar (N≥30) dengan bantuan program SPSS Versi 16.0 melalui fungsi Compare Means PairedSamples T Test maka diperoleh nilai thitung sebesar 6,639 dengan df sebesar 60. Dengan memeriksa Tabel Nilai t pada taraf siginifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 2,00, sedangkan pada taraf 1% diperoleh ttabel sebesar 2,65. Karena Ttabel (2.65) < Thitung (6.639) > Ttabel (2.00) maka Hipotesa nihil (H0) ditolak. Ini berarti terdapat layanan bimbingan kelompok berpengaruh secara signifikan terhadap karakter sosial siswa kelas VIII SMPN 26 Pekanbaru. Artinya semakin intensif layanan bimbingan kelompok, maka akan semakin baik karakter sosial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Aug 2019 05:14
Last Modified: 19 Aug 2019 05:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item