DOLA DESFIA PAROKA (2018) STRATEGI PROMOSI PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI PT. ALFA SCORPII AIRTIRIS DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__201873EI.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__201873EI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__201873EI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__201873EI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__201873EI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__201873EI.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__201873EI.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__201873EI.pdf Download (650kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__201873EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (804kB) |
||
|
Text
10. BAB V__201873EI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__201873EI.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah pada PT. Alfa Scorpii Airtiris yaitu mengenai Strategi Promosi Personal Selling dan Sales Promotion dalam Meningkatkan Penjualan, dimana jumlah personal selling (penjualan pribadi) dan sales promotion (promosi penjualan) di PT. Alfa Scorpii Airtiris setiap tahun mengalami peningkatan tetapi jumlah penjualannya mengalami penurunan. Seharusnya semakin banyak jumlah personal selling dan sales promotion semakin meningkat pula jumlah penjualannya, tetapi ini sebaliknya semakin banyak personal selling dan sales promotion di PT. Alfa Scorpii Airtiris semakin menurun peningkatan penjualannya. Dari masalah ini penulis sangat tertarik untuk meneliti bagaimana strategi promosi personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi promosi personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris. Penelitian ini adalah penelitian lapangan di PT. Alfa Scorpii Airtiris. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi promosi personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpi Airtiris dan mengetahui tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi promosi personal selling dan sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket (quetionier), dokumentasi dan daftar pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 orang, terdiri dari 1 orang pimpinan serta 16 orang marketing di PT. Alfa Scorpii Airtiris. Berhubung populasi sedikit maka semua populasi dijadikan sampel dengan teknik total sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi promosi personal selling dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris dengan melakukan penjualan dari rumah kerumah, ke pasar-pasar, ke suatu perusahaan tertentu (PT) dan langsung bertatap muka dengan calon konsumen sehingga dapat langsung menjelaskan tentang keunggulan-keunggulan produk merek yamaaha yang dimiliki PT. Alfa Scorpii Airtiris. Sedangkan strategi promosi sales promotion dalam meningkatkan penjualan di PT. Alfa Scorpii Airtiris dengan melakukan kegiatan pameran dan pertunjukan, mengadakan Discount (potongan harga), melakukan bakti sosial berupa bantuan kepada masyarakat baik itu bantuan ke panti asuhan maupun ke mesjid-mesjid, serta menawarkan hadiah gratis dan memberikan bonus kepada calon konsumen. Sedangkan tinjauan ekonomi islam tentang strategi promosi personal selling masih bertentangan dengan prinsip syariah dimana karyawan personal selling masih berbohong dengan menyampaikan informasi tentang produk merek yamaha yang tidak sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya dan tidak sabar dengan berbagai sikap/respon dari calon konsumen. Sedangkan tinjauan ekonomi islam tentang strategi promosi sales promotion sudah baik dimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan PT. Alfa Scorpii Airtiris tidak ada yang bertentangan dengan prinsip syariah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 06:47 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 06:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14503 |
Actions (login required)
View Item |