Arissyah (2018) Budaya Islami dalam Buku Pandangan Hidup Muslim Karya Haji Abdul Malik Karim Amrullah dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201822TPAI_cover tesis.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201822TPAI_Pengesahan_scan.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201822TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201822TPAI_DFTAR ISI.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201822TPAI_ABSTRAK Indonesia.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201822TPAI_BAB I-Pendahuluan.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201822TPAI_BAB II-Pembahasan.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
8. 201822TPAI_BAB III-Metodologi Penelitian.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
9. 201822TPAI_BAB IV-Hasil Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
||
|
Text
10. 201822TPAI_BAB V-Kesimpulan dan saran.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201822TPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Budaya Islami dalam lingkungan sekolah merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai ajaran Islam kepada siswa dengan tujuan untuk dapat memperkokoh keimanan serta menjadi pribadi yang memiliki kesadaran beragama dan berakhlak mulia. Untuk itu, membangun budaya islami sangat penting dan akan mempengaruhi sikap, sifat dan tindakan siswa secara tidak langsung. Dilema yang banyak dan sering terjadi di sekolah antara lain bolos sekolah, narkoba, tawuran, dan bullying. Baru-baru ini terdengar berita bahwa telah terjadi kekerasan antarpelajar, tawuran antarpelajar, pencurian buku perpustakaan sekolah akibat kecanduan bermain game online, dan tradisi coret-coret baju ketika lulus ujian padahal sudah dikeluarkan larangan tersebut. Hal ini merupakan beberapa contoh permasalahan peserta didik masa kini yang perlu ditindaklanjuti. Salah satu caranya adalah dengan memasukkan nilai-nilai Islami dalam setiap aktivitas di sekolah yang di kenal dengan sebutan budaya Islami. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan mengenai bagaimana budaya Islami menurut Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka), serta bagaimana implikasinya dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber primer dalam penelitian ini ialah buku yang ditulis oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka) tentang pandangan hidup muslim dan sumber sekundernya ialah tulisan dan penelitian mengenai konsep Budaya Islami. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model analisis data “Content Analysis”, dengan tahapan analisis penentuan unit analisis, pengumpulan data, proses inferensi, dan interpretasi. Hasil dari analisis data bahwa konsep budaya Islami dalam pendidikan Islami menurut Buya Hamka adalah segala aktivitas sumber daya manusia, peraturanperaturan serta manajemen sekolah di suatu lembaga pendidikan dimasukkan nilainilai keislaman di dalamnya serta dapat menambah kedekatan kepada Allah Swt. Kontekstualisasinya dalam pendidikan Islam dapat berupa manajemen kebijakan kepala sekolah, program pembelajaran, program ekstrakurikuler, program pembinaan keislaman, budaya islami bersifat simbol-simbol yang mengandung nilai-nilai keislaman
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 08:20 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 08:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14293 |
Actions (login required)
View Item |