Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE BRAIN STORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 85 PEKANBARU

ALITA (2018) PENGARUH METODE BRAIN STORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 85 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018949PGMI.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018949PGMI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018949PGMI.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI_2018949PGMI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I_2018949PGMI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II_2018949PGMI.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III_2018949PGMI.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV_2018949PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img]
Preview
Text
9. BAB V_2018949PGMI.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018949PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode Brain Storming terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 85 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dengan desain Nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 85 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 166 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B sebagai kelas eksperimen dan kelas V E sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan Test “t” yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa metode Brain Storming berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dapat diketahui bahwa thitung = 4, 7854 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 dengan df = 50. Dengan demikian thitung> ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh metode Brain Storming terhadap Hasil Belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 85 Pekanbaru adalah 36,1%. Kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan pada metode Brain Storming terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Brain Storming, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 19 Jun 2019 07:39
Last Modified: 19 Jun 2019 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14031

Actions (login required)

View Item View Item